7:49 PM
0

Nama latin   : Pseudechis autralia

Anatomi Tubuh                :

1. Lidah                                     : Lidah ular mengembil partikel-partikel bau diudara dan menaruhnya di struktur organ yang disebut Jacobson pada langit-langit mulut.

2. Sisik Perut                           : Sisi pada ular Mulga ini cukup bersar untuk ia dapat berpegangan ditanah saat ia merayap guna megejar mangsanya

Keterangan Fisik             :
Ular yang sangat berbahaya dan beracun ini dapat mengeluarkan racun lebih banyak dari ular-ular yang ada di Australia. Racun ular ini sangat berbahaya dan dapat melumohkan semua otot-otot tubub termesuk otot jantung, dimana korbanya dapat meninggal dunia jika tidak segera mendapatakan pertolongan berupa antiracun. Ular ini juga sering salah dikenali orang sebagai Ular Cokelat. Kesalahan ini sangat berbahaya jika terjadi bagi orang yang terkena gigitan dari ular ini dan membutuhkan antiracun yang tepat dengan segera untuk bertahan hidup.

Kronologis Jika Terjadi Serangan                 :



1. Suatu pagi yang cerah, seorang laki-laki sedang memparbaiki mobilnya dengan hati yang senang dan gembira sehingga dia tidak menyadari seekor ular Mulga ada dialam mesin mobilnya yang masuk untuk beristirahat dari malam yang dingin.

2. Ketika laki-laki itu menjulurkan tangannya untuk mengambil peralatannya, sketika ia berteriak keasakitan saat ular itu meyerang dan mengigitnya, ia sempat melihat sebelum akhirnya ular itu merayap pergi dengan segera sehingga ia hanya sempat untuk melihat bahwa warna ular tersebut adalah cokelat.

3. Di rumahsakit dokter memerlukan antiracun yang tepat sehingga laki-laki ini menggambarkan ular tersebut dengan warna yang cokelat, sehingga dokter tersebut justru menyuntikkan dengan antiracun untuk gigitan ulr Cokelat, sehingga tidak memberikan pengaruh apapun, mereka pun mencoba antiracun untuk ular Adder yang amat mematikan dan ular Harimau. Jika mereka dengan cepat menyadari kesalahan mereka korban tersebut dapat bertahan hidup lebih lama.

Data Kunci             :

Panjang                           : Dapat mencapai 3m namun rata-rata 1,5m



Mangsa                           : Terutama Kadal, binatang pengerat, mamalia kecil yang lain, katak, burung dan ular yang lain.

Senjata                           : Taring tajam yang sudah dilengkapi racun yang meyerang otot

Rentang Hidup                 : Belum Diketahui



Wilayah Teritorial           : 



Ular Mulga merukan ular yang penyebarannya paling banyak dari semua jenis-jenis ular yang amat banyak, di Australia. Ular ini dapat di temukan di berbagai dataran di Australia. Namun ular ini tidak ditemukan didaerah tenggarat dataran, ujung paling selatan dari Australia Barat, dan Pulau Tasmania







Fakta Unik            :

+ Ular Mulga terancam keberadaan nya oleh makhluk yand tidak terduga yaitu Bangkong Buluh ( Bufo marinus ) yang telah diamakan oleh ular Mulga tersebut yang dianggap sebagai kudapan yang amat lezat, namun binatang ini mengandung racun yang sangat mematikan. Bangkong buluh pertama deperkenalkan pada tahun 1930-an sehingga binatang asli yang ada disana harus meyesuaikan diri dengan hewan yang satu ini.

+ Saat seekor ular mulga diperah racunnya untuk membuat antiracun biasanya mengeluarkan rata-rata 180mg. Namun pada tahun 1986 seekor ular Mulga mampu menghasilkan racun hingga 1.350 mg yang saat ini masih merupakan rekor bagi racun ular.

+ Ular Mulga ini lebih banyak bertahan hidup dari ular lain di Australia, dari mulai gurun hingga hutan hujan, ia mendiamai segala celah termasuk lubang kelinci, retakan tanah yang dalam, rongga pada batang pohon, dan dibawah batu, dan dapat pula mendiami bangunan yang terletak tak jauh dari pemukiman, yang membuat masyarakat seharusnya waspada.


Sumber        : Barraclough,Susan.2010.Ular dan Reptilia.Tanggerang:Kharisma Publishing Group.