7:38 PM
0

Semua manusia termasuk juga sahabat L.I tidak akan mungkin dapat membayangkan ukuran alam semesta ini, apalagi jika sahabat L.I bertanya tentang ukuran pasti dari alam semeta ini.

Mari coba L.I jelaskan sahabat L.I mengapa sulit mengetahuinya, mari kita mulai dari bumi tempat kita tinggal ini. Bumi adalah salah satu anggota dari bagian tata surya namun bumi kita memiliki ukuran yang tidak dapat sahabat L.I banggakan dari anggota tata surya lain. Tata surya terdiri dari bintang yang juga kecil jika dibandingkan dengan beberapa bintang lain dialam semesta ini yang kita sebut matahari, kemudian ada planet-planet yang mengitari matahari, asteroid-aesteroid yang merupakan planet dengan ukuran yang sangat kecil serta meteor-meteor.

Kemudian, tata surya kita ini juga merupakan bagian yang sangat kecil dari sebuah kumpulan kelompok yang disebut galaksi, didalam galaksi ini kemungkinan besar juga terdapat sangat banyak bintang-bintang lain yang bahkan lebih besar dari matahari yang kita miliki yang kemungkinan besar memiliki tata surya nya sendiri. Dan galaksi pun tidak hanya satu melainkan juta-an atau bahkan miliar-an dan galaksi tersebut berkumpul dalam kelompok yang dinamakan Galaksi Super.

Jadi, bintang-bintang yang kita lihat serta planet-planet yang ada dilamanya juga berada dalam tempat yang sama dengan bumi yang disebut galaksi Bimasakti. Jarak antara menuju bintang-bintang tersebut sangatlah jauh sehingga digunakan satuan tahun cahaya bukan dalam mil apalagi km karena untuk menghindari munculnya deretan angka-angka yang sangat panjang. saat cahaya ini bergerak kira-kira  memiliki kecepatan 6.000.000.000.000 mil pertahun. bintang yang paling dekat dengan bumi adalah Alpha Cantauri(matahari lain selain ‘matahari’) memiliki jarak yaitu 25.000.000.000.000 mil.

Sekarang kita akan berbicara tentang galasi kita sendiri yaitu galaksi Bima Sakti yang konon katanya (karena belum pasti) memiliki lebar 100.000 tahun cahaya yang berarti 100.000 x 6.000.000.000.000 mil. Dan galaksi ini masih merupakan bagian yang sangat kecil dari kelompok lain yang lebih besar.

Kemungkinan besar di alam semesta ini memiliki jutaan galaksi lain selain galaksi Bimasakti, yang kemudian membentuk kelompok yang lebih besar lagi.


Jadi sahabat L.I tidak perlu khawatir untuk mendapatkan ukuran pasti dari Alam Semesta ini karena memang tidak mungkin untuk mengetahuinya. Karena ada beberapa pendapat para ahli yang mengatakan bahwa alam semesta kita ini terus mengembang ini berarti setiap galaksi akan mengembang dari ukuran sebelumnya dalam beberapa miliar tahun.