7:22 PM
0
Matahari tetap bercahaya hingga mati.


Mungkin sahabat L.I sudah tahu tentang bintang-bintang yang sahabat L.I lihat pada malam hari dengan matahari yang sahabat L.I lihat pada siang hari merupakan benda langit yang sama, yaitu Bintang.

Sebenarnya matahari adalah bintang terdekat dengan bumi, segala kehidupan di bumi sangat bergantung pada cahaya yang dihasilkan matahari ini, tanpa panas matahari kita tidak akan melihat tumbuh-tumbuhan hijau, hewan-hewan bahkan L.I dan sahabat L.I semua tidak dapat hidup.

Jarak bumi dengan matahari adalah 93.000.000 mil, Volume matahari jauh lebih besar kira-kira 1.300.000 kali dari volume bumi. Namun matahari bukanlah benda yang padat seperti bumi, kita dapat mengetahuinya dengan cara bahwa suhu di atas permukaan matahari kira-kira 11.000 Fahrenheit. Suhu ini sangat panas dan sangat mampu mengubah batuan yang sangat besar atau besi padat sebesar pulau Kalimantan menjadi gas hanya dalam waktu yang sangat singkat. Jadi dapat kita simpulkan bahwa matahari adalah sebuh bola gas.

Bartahun-tahun yang lalu beberapa astronom dunia berbendapat bahwa matahari dapat mengeluarkan panas dan cahaya hingga ke sagala penjuru tata surya karena melakukan pembakaran, namun seperti yang kita ketahui matahar sudah bersinar dan menghasilkan panasnya selama ratusan juta tahun namun tidak ada yang dapat tetap menyala selama itu.

Akhir-akhir ini para ilmuwan merubah pendapat mereka tentang apa yang dilakukan matahari sehingga ia dapat bercahaya begitu lamanya, para ilmuwan berpendapat matahari melakukan proses yang sama dengan proses yang dilakukan sebuah bom atom yaitu mengubah zat menjadi energi.

Hal ini berbeda dengan pembakaran, yang berarti mengubah suatu zat dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain, namun ketika zat dirubah menjadi energi hanya sedikit zat yang diperlukan untuk mengubah menjadi suatu energi yang luarbiasa banyaknya. sahabat L.I hanya butuh 1 ons zat saja untuk membuat energi yang dapat mencairkan lebih dari satu juta ton batuan.


Jadi matahari tidak membakar sesuatu untuk bersinar hingga begitu lamanya namun ia mengubat zat yang ada didalam matahari itu sendiri menjadi energi. matahari hanya membutuhkan 1 persen dari total seluruh massanya untuk membuat ia tetap bercahaya dan bersinar selama 150 miliar tahun.

Sumber  : Gambar