10:40 PM
0



Yang dapat L.I katakan pada sahabat L.I adalah semua yang sahabat ketahui tentang atom bisa saja berubah besok. Ilmu pengetahuan terus-menerus menemukan dan mempelajari hal-hal yang baru tentang atom seiring dengan ditemukannya mesin-mesin pengurai atom dibuat.

Namun disini L.I akan berikan informasi yang aneh yaitu bahwa kata ‘Atom’ berasal dari kata yunani yang berarti ‘tidak dapat dibagi lagi’. orang-orang yunani percaya bahwa atom merupakan suatu zat paling kecil.

Namun akhir-akhri ini, diketahui bahwa atom juga terdiri dari zat atau pertikel petikel lain hingga saat ini telah ditemukan hingga 20 partikel berbeda lebih penyusun didalam inti atom! Para ilmuwan mengatakan bahwa atom terdiri dari electron, proton, neutron, positron, neutrino, meson dan hiperon. Elektron merupakan partikel yang membawa muatan listrik negative yang sangat kecil. Proton yang memiliki ukuran 1.836 kali lebih besar dari ukuran electron membawa muatan listrik positif, Sedangkan neutron yang lebih berat lagi tidak memiliki muatan listrik sama sekali. positron memiliki ukuran yang kira-kira sama besar dengan ukuran electron membawa muatan positif.  Neutrino memiliki ukuran lebih kecil 1/2000 ukuran electron, tidak memiliki muatan sama sekali. Meson memiliki muatan yang berbeda dengan yang lain yaitu dapat memiliki mauatan yang negative maupun muatan yang positif. Sedangkan hiperon lebih besar dari proton.

Jika dibuat tabel maka bahan-bahan penyusun bumi dapat berupa sebagai berikut ini.

No
Nama Atom
Muatan
Ukuran
1.
Elektron
Negatif
9,11.10-37 kg
2.
Proton
Positif
1,674.10-27 kg
3.
Neutron
Tidak memiliki muatan
1,675.10-27 kg
4.
Positron
Positif
Kira-kira sebesar 9,11.10-37 kg
5.
Meson
Dapat bermuatan negative atau positif
-
6.
Hiperon
-
>1,674.10-27 kg
7.
Neutrino
Tidak memiliki muatan
1/2000. 9,11.10-37 kg

Bagaimana semua atom atau partikel ini tersusun membentuk sebuah atom masih belum diketahui, tetapi atom-atom ini membentuk elemen-elemen serta berbeda satu sama lainya. satu hal yang membuat partikel-partikel ini berbeda adalah beratnya, maka dengan demikian elemen digolongkan menurut berat atomiknya, Misalnya, hydrogen adalah ‘1’ pada daftar ini dan besi adalah ‘55’. angka ini berarti bahwa sebuah atom penyusun besi 55 kali lebih berat dari atom penyusun hydrogen .


tapi berat ini sangat kecil untuk sahabat L.I angkat. sebagai perbandingan bahwa sebuah berat atom penyusun hydrogen hanya seberat 1/sejuta-juta-juta-juta-juta gram!  untuk membuat gambaran lagi bagi sahabat L.I tentang betapa kecilnya berat atom ini adalah. Mari kita coba hitung berapa banyak atom yang menyusun hydrogen seberat satu gram, jawabnya adalah kira-kira 6 diikuti dengan 23 angka 0, dan mungkin jika sahabat L.I menghitungnya dengan kecepatan 1 atom perdetik maka sahabat L.I harus setidaknya harus memiliki umur 10.000 juta juta tahun. untuk dapat menghitung jumlah atom yang menyusun hydrogen seberat 1 gram, bayangkan jika anda menghitung seluruh atom yang terdapat dalam seluruh hydrogen di bumi ini.