5:51 PM
0


Pencegahan terhadap keracunan

Percaya atau tidak, anda menyimpan berbagai jenis-jenis racun di dalam rumah. Ada yang membawa maut ada pula yang kurang berbahaya. ada yang di beri etiket khusus, ada pula yang tidak. jika anda tidak mau memakai bahan bahan beracun ini, anda harus segera membuang barang-barang berguna seperti semir sepatu,cat,kamfer,korek api,tinta, obat batuk,bedak talcum, sabun, zat pengenlantang, obat pembasmi hama dan masih banyak bahan yang anda gunakan setiap hari.Ini berarti anda sekeluarga harus belajar hidup dengan racun-racun ini dan menggunakannya dengan baik dan bijaksana.Keracunan lebih sering di alami anak-anak kecil dan sudah dapat di pastikan. tetapi benar-benar aneh karena banyak juga orang dewasa yang keracunan oleh bahan-bahan yang mengandung racun seperti: larutan pembersih,obat pembunuh serangga, dan lain-lain. dan satu lagi hal yang sering terjadi dan menyebabkan keracunan yakni memakan obat-obatan yang sudah lama dan dalam tempat yang gelap. atau obat yang tidak jelas etiketnya. Anak-anak sering memakan obat ini karena mengira itu adalah permen yang di bungkus, tentu ini berbahaya dan seharusnya di jauhkan dari anak-anak. Seperti kata pepatah labih baik mencega daripada mengobati, berikut cara yang dapat di lakukan.

Mencegah Kercunan.

1. Buanglah semua obat yang sudah lama/tidak jelas keterangan obatnya, simpan selalu obat-obat baru atau resepnya di tempat yang aman. Dan jangan meminum obat di tempat yang gelap. Ini dapat mendatangkan bahaya.

2. Bacala selalu keterangan obat dengan seksama, sebelum mengguanakan obat tersebut, jika tulisan keterangan sudah hilang atau tidak jelas. Buang obat tersebut

3. Cucilah baik-baik segala macam buah dan sayuran sebelum memakanya. Banyak bahan berbahaya yang telah disemprotkan kedalam makanan ini untuk melindungi dari serangga dan hama. Usahakan untuk membuang semua racun dalam buah tersebut sebelum memakanya.

4. Semprot serangga sebaiknya di gunakan dalam kamar yang memiliki cukup ventilasi udara, JANGAN HIRUP UAPNYA. Jangan gunakan semprot beracun ini di sekeliling 
makanan atau tempat menyediakan makanan. segera tinggalkan kamar sesudah meyemprot

5. Jangan meyimpan racun dan makanan dalam lemari yang sama, karena akan meningkatakan resiko anda salah mengambil makanan menjadi racun. Obat-obatan harus di simpan di tempat yang baik dan terkunci agar anak-anak tidak dapat mengambilnya demikian pula dengan larutan pembersih, obat pembunuh serangga, dan alkohol gosok.

6 Pedidikan : Jika anak anda sudah berumur empat atau lima tahun, beritahulah padanya untuk tidak memakan segala pil yang mungkin mereka temukan di rumah. Dan jelaskan pula pada anak anda bahwa daun, buah-buahan atau biji-bijian dari tanaman asing juga dapat mendatangkan bahaya, Biasakan untuk tidak memberikan apa-apa kepada anak anda diluar dari apa yang sering anda berikan. Jika anak anda mempunyai kepercayaan pada anda, ia akan menuruti nasihat anda.

Jika sudah terlanjur memakan bahan beracun berikut ini yang dapat dilakukan pada sisakit :

1. Carilah botol obat itu, mengenal racun yang telah diminum merupakan langkah awal yang tepat untuk memilih penawar

2. Pangillah dokter terdekat, dan ceritakan sebaik-baiknya tentang racun dan kejadian nya dengan sejelas-jelasnya.

3. Bawalah sisakit kerumah sakit selekas-lekasnya, dan bawa racun tersebut dalam botol aslinya agar dokter dapat mengetahui penawar yang sebaiknya di gunakan.

4. Obat penawar racun yang UNIVERSIL : Netralkan racun tersebut jika anda tahu racun apa itu. atau jika anda tidak tahu berikut ini ada penawar yang universil:
- Arang kayu, 2 bagian (Roti yang dibakar hangus dapat mengantikanya.)
- Garam inggris, 1 Bagian
- Asam Tannin, 1 bagian (atau teh keras). Berikan dalam 1 sendok teh dalam 1 gelas air.

5. Suruh sikorban muntah. baringkanlah sikorban pada lutut anda dengan kepala di bawah, dan letakkan jari anda dibelakang kerongkonganya agar ia muntah untuk anak-anak. Jika anak yang lebih besar atau orang dewasa berikan satu atau dua gelas susu atau putih telur. Jika tidak ada apa-apa gunakanlah air dan garam 1 sendok teh untuk menambah kecenderungan untuk muntah.

Untuk Perawatan yang dapat di guanakan 

1. Jagalah kaki tetap hangat dan terangakat untuk mencegah shock.

2. Pelihara lah peredaran darah dengan memakai susu, teh keras, atau kopi. ataupun air hangat biasa.

3. Usahakanlah tetap tenang, jangan terlalu gugup. kerjakan semua yang dapat anda lakukan untuk menolong si koraban. Sementara itu panggilah dokter atau bawalah sisakit kerumah sakit.


Sumber : R.Cliford dan M.D Anderson.(tahun terbit tak diketahui).Petunjuk modern kepada kesehatan,Bandung:INDONESIA PUBLISHING HOUSE