5:46 PM
0

Seperti yang mungkin sahabat L.I ketahui bahwa tidak hanya tubuh serta otot dalam tubuh sahabat L.I saja yang memerlikan latihan namun otak juga sangat memerlukannya guna meningkatkan kemampuannya. Otak juga memiliki sifat yang sama seperti otot yakni jika dilatih secara berkala dan terus-menerus setiap hari maka otak sahabat L.I pun akan semakin “berotot” pula. Kemampuan otak manusia umumnya dibagi dalam beberapa bagian yakni memori, tingkat perhatian, bahasa, visual-spasial, dan fungsi eksekutif. Sebenarnya jika sahabat L.I sering mengalami aktifitas mental yang menantang dan menegangkan sebenarnya itu sudah merupakan bagian dari latihan otak, namun tidak ada salahnya jika sahabat L.I melakukan trik berikut untuk lebih meningkatkannya lagi.

1. Latihan memori

Dalam kegiatan sahabat L.I setiap hari, memori memeiliki peranan penting dalam otak. Memori jangka pendek maupun oanjang sering sahabat L.I gunakan setiap hari. Sahabat L.I dapat melatih memori otak sahabat L.I dengan trik sederhana berikut. Seperti mencoba mendengarkan musik yang baru sahabat L.I dengar dan coba untuk menghapal liriknya secepat mungkin. Mungkin jika terlalu sulit, sahabat L.I dapat mencoba Mandi hingga memakai pakaian dengan mata tertutup. Mencoba untuk bersosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat sekitar juga dapat melatih memori sahabat L.I yang sudah terbentuk.

2. Melatih tingkat perhatian

Atensi atau Tingkat perhatian yang baik dapat membuat sahabat L.I fokus pada suatu permasalahan ddengan mudah tanpa tergangu oleh keadaan lingkungan sekitar. Sahabat L.I dapat melatih bagian otak yang berperan mengatur Tingkat perhatian dengan merubah kebiasaan sahabat L.I setiap hari. Misalnya jika sahabat L.I biasa berpergian dengan menggunakan jalan yang baru walau agak memakan waktu, atau jika hal tersebut tidak dapat sahabat L.I lakukan cobalah menggunakan mouse dengan tangan yang jarang sahabat L.I gunakan musalnya jika sahabat L.I menggunakan tangan kanan maka cobalah menggunakan tangan kiri. Jika dilakukan setiap hari latihan selain meningkatkan daya kensentrasi sahabat L.I juga membuat hidup sahabat L.I lebih bervariasi dan jauh dari kebosanan. Cara lain yang mungkin dapat sahabat L.I lakukan adalah mengerjakan dua hal sekaligus, misalnya menonton TV sambil menghitung sesuatu, atau olahraga sambil mendengarkan musik.


3. Melatih kemampuan berbahasa
Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa sahabat L.I, Sahabat L.I dapat membaca sesuatu yang lain, misalnya sahabat L.I suka membaca artikel tentang kesehatan atau sains sahabat L.I dapat merubahnya dengan artikel fisika atau matematika, bisa juga merubah buku bacaan anda dari komik menjadi novel atau sebaliknya. Bersosialisasi dengan orang yang berbeda dari segi minat dengan anda dapat pula membantu kemampuan brbahasa anda. Dapat pula anda memepelajari bahasa international seperi bahasa inggris atau ,lebih menguasai bahasa daerah sahabat L.I masing-masing juga dapat meningkatkan kemampuan ini.

4. Visual-spasial

Sahabat L.I hidup didunia yang penuh warna dan tiga dimensi. Menganalisis informasi visual dan ruang disekitar sahabat L.I mengaktifkan fungsi ini. Cara terbaik untuk melatihnya adalah, coba lah masuk kedalam kamar sahabat L.I dan ambil 5 sampai 10 benda dan bawa keluar kamar kemudian tunggu beberapa menit dan coba kembalikan lagi benda-benda tersebut ke asalnya. Mungkin ini terlalu mudah coba tambahkan waktunya sedikit lebih lama, setelah mengambil benda tersebut beberapa jam berikutnya cobalah untuk mengingatnya. Latihan ini akan lebih seru jika sahabat L.I tidak melakukanya di kamar namun di tempat yang luas dan banyak benda seperi di Swalayan atau perpustakaan.

5. Melatih fungsi eksekutif

Tanpa sahabat L.I sadari sering sekali kita menghadapi suatu masalah yang kemudian memaksa kita untuk membuat suatu keputusan, bermain video game dan catur adalah beberapa cara untuk melatih fungsi eksekutif. Berkerja dalam tim dan organisasi juga melatih kemampuan ini.