6:58 PM
0



Ada berbagai jenis pembakaran, pembakaran terjadi dengan proses yang sangat sederhana yaitu dengan membakar oksigen yang bercampur material lain yang dapat memebakar.

Hal tersebut memberikan reaksi yaitu panas. Sahabat L.I dapat melihat nyala apai, cahaya, atau pembakaran jika proses semua itu terjadi dengan cepat, dan bahkan sahabat L,I dapat melihat ledakan. Dan ketika kayu atau kertas berada di tempat terbuka yang mengandung oksigen biasanya sahabat L.I akan dapat meyalakan api. Begitu pula pada bensin kendaraan mesin, karena mesin tersebut melakukan pembakaran dengan mengambil oksigen dari udara melalui bensin, oleh sebab itu sahabat L.I dapat melihat seperti bayangan di atas bensin.

Didalam mesin mobil atau motor pemabakaran yang terjadi begitu cepat sehingga kita dapat menyebutnya dengan ledakan. Namun ada pula proses terjadi pembakaran dengan proses yang sangat lama, bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun agar dapat melihat hasilnya, misalnya Besi yang berkarat.

Ketika pembakaran yang lambat ini terjadi panas yang dihasilkan pun tidak terlalu banyak untuk dapat diuapkan ke udara sehingga suhu saat pembakaran berlangsung tidak berubah, Kejadian ini disebut ‘ Pembakaran Spontan’. Pembakaran sponta ini juga dapat terjadi pada timbunan kain-kain yang basah terkena minyak tanah/bensin yang ditinggalkan di tempat tertutup. Kemudian minyak akan melakukan oksidasi atau menguap keudara untuk mencari oksigen sehingga menimbulkan panas yang tidak dapat menguap karena tertutup yang menyebabkan kain tersebut terbakar.

Oksigen, sangat diperlukan pada saat proses pemabakaran, oksigen juga merupakan salah satu unsur yang paling banyak diudara yang mengelilingi kita, kira-kira sekitr 21% dari seluruh unsur diudara, dimana oksigen ini akan selalu siap untuk mengalami proses pembakaran.

Namun, bahan –bahan mudah terbakar sama pentingnya seperti oksigen dalam proses pembakaran, benda benda ini disebut bahan-bahan mudah terbakar sedangkan bahan-bahan tidak mudah terbakar namun dirancang untuk pembakaran disebut ‘Bahan Bakar’ seperti kayu, batu bara, arang, minyak tanah, bensin, dan gas-gas tertentu ini meruoakan bahan bakar yang umum digunakan.


Selama proses pembakaran, dua atom oksigen bergabung dengan satu otom karbon dari bahan bakar sehingga berkumpul dan menyatu dam menghasilkan zat baru yang disebut ‘karbondioksid’. Mungkin sahabat L.I juga tahu bahwa ditubuh kita juga terjadi proses pembakaran untuk mendapatkan energi sehingga hasil dari proses tersebut adalah karobndioksida yang dikeluarkan padan saat kita menghembuskan nafas.